Senin, 11 Februari 2013

16.51
Saat peluncurannya, BlackBerry mengumumkan bahwa terdapat sekitar 70 ribu aplikasi yang tersedia di BlackBerry World. Sekitar 40% atau 28 ribu di antaranya merupakan aplikasi Android yang di-porting melalui tool khusus.

Tool khusus dengan nama Android runtime tersebut disediakan BlackBerry untuk memudahkan para pengembang saat melakukan porting aplikasi Android mereka agar bisa dijalankan pada BlackBerry 10.

Sebelumnya Android runtime masih menggunakan Android versi 2.3 Gingerbread. Versi tersebut ternyata banyak memiliki kekurangan saat dilakukan porting ke BlackBerry 10. Banyak pengembang mengeluhkan beberapa aplikasi yang mengalami lag dan tidak responsif.

Kini BlackBerry telah mengonfirmasi bahwa akhirnya perangkat BlackBerry 10 besutannya akan mendukung aplikasi untuk platform Android Jelly Bean.

Meski demikian, BlackBerry belum mengumumkan kapan ketersediaan update tool tersebut. Nantinya versi update tersebut memungkinkan para pengembang untuk melakukan porting dengan mudah aplikasi-aplikasi Android Jelly Bean ke BlackBerry 10.

Sebagai perbandingan, aplikasi Android yang tersedia pada Google Play Store sekitar 700 ribu. Sementara itu, aplikasi untuk perangkat Apple telah mencapai sekitar 800 ribu, sedangkan Windows Phone telah mencapai sekitar 100 ribu aplikasi.

Jumlah 70 ribu aplikasi memang tergolong sedikit jika dibanding aplikasi pesaingnya. Namun berhubung perangkat BlackBerry 10 baru diluncurkan, seiring waktu aplikasi untuk BlackBerry 10 dijanjikan akan terus bertambah. Apalagi jika nantinya perangkat BlackBerry 10 mendulang sukses.

Tag: BlackBerry 10, software, Android Runtime, pengembang, developer, dukung, Android Jelly Bean, Aplikasi, Platform, OS, Operating System, Teknologi.
Referensi: infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar