Senin, 11 Februari 2013

16.38
Tepat hari Jumat tanggal 9 November 2012 lalu, peramban Firefox genap berusia 8 tahun. Firefox memulai kiprahnya dari sebuah proyek yang merupakan turunan dari proyek mozilla.org di tahun 2003 silam.

Proyek mozilla.org sendiri merupakan hasil dari perubahan lisensi browser Netscape Communicator dari closed source menjadi open source pada Maret 1998. Keputusan tersebut diambil sebagai sebuah langkah tepat untuk mengangkat kembali pengembangan web browser Netscape.

Oleh karena permasalahan finansial, pada tahun 1999 Netscape Communicator pun dibeli oleh American Online (AOL). Dengan kucuran dana US$2 juta dari American Online (AOL), didirikanlah Mozilla Foundation sebagai sebuah organisasi nirlaba yang menjadi cikal bakal pengembangan Firefox.

Menurut W3Counter.com, sampai awal Q4 ini Firefox masih merebut pangsa pasar 22,1% di bawah Google Chrome (29,1%), dan Internet Explorer (27,4%). Tak ayal Google Chrome pun dinobatkan sebagai peramban yang mengalami pertumbuhan paling cepat, meski pada 2 September 2012 lalu baru genap berusia 4 tahun.

Percepatan pertumbuhan peramban Google tersebut, selain menyediakan fasilitas yang lebih baik, dengan mesin intinya yaitu WebKit, juga telah banyak digunakan di peranti telepon cerdas, seperti iOS dan Android. Sementara itu, Firefox yang menggunakan mesin Gecko, juga turut bermain di pasar web browser ponsel cerdas, dengan meluncurkan versi penuhnya untuk ponsel Android pada Juni 2012 yang lalu.

Dengan persaingan antar peramban yang semakin sengit ini, tentu saja Firefox memiliki strategi tersendiri. Firefox pun telah merencanakan banyak feature pada versi Firefox berikutnya. Untuk Firefox 17 yang akan direlease pada 20 November 2012 mendatang, Firefox membenamkan fasilitas Social API yang memungkinkan pada pembuatan Firefox add on untuk dapat dengan mudah menghubungkan Firefox dengan situs-situs sosial, seperti Facebook, Twitter, G+, dan sebagainya.

Di sisi lain, dengan tetap mengibarkan nama Firefox, Mozilla Corporation juga telah memulai proyek pembuatan sistem operasi untuk ponsel cerdas berbasis open source sejak Juli 2011 lalu. Firefox OS, demikian sistem operasi ini dinamai, dikenal sebagai sebuah sistem operasi yang menjadikan teknologi web sebagai basis pengembangan aplikasinya.

Dengan segala rencana pekerjaan dalam proyek Firefox, para “civitas” Firefox, termasuk Mozilla Foundation, komunitas Firefox, ataupun pemakai setianya, tetap ingin mengembangkan dan terus mengawal agar Firefox tetap menjadi salah satu pilihan peramban terbaik di tengah-tengah perebutan pasar peramban saat ini.

Selamat ulang tahun Firefox!
Tag: mozilla firefox, ulang tahun ke-8, netscape, sejarang mozilla, corporation, browser, internet, software, browsing, birthday firefox.
Referensi: infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar